Pages

Subscribe:

Kamis, 12 Januari 2012

teori belajar kontruktivisme


Konstruktivisme
Apa yang dimaksud dengan konstruktivisme? Istilah ini mengacu pada gagasan bahwa siswa membangun pengetahuan sendiri --- setiap pembelajar individual (dan sosial) yang berarti konstruksi --- karena ia belajar 3 berarti Membangun adalah belajar,. Tidak ada jenis lain. Konsekuensi dramatis pandangan ini ada dua;
1) kita harus fokus pada peserta didik dalam berpikir tentang belajar (bukan pada subyek / pelajaran yang harus diajarkan):
2) Tidak ada pengetahuan independen dari makna dikaitkan dengan pengalaman (dibangun) oleh pelajar, atau komunitas pembelajar.
Mari saya membahas titik kedua pertama karena, meskipun muncul radikal pada tingkat sehari-hari, itu adalah posisi yang telah sering diadopsi sejak orang mulai merenungkan epistemologi. Jika kita menerima teori konstruktivis (yang berarti kita bersedia untuk mengikuti jalur Dewey, Piaget dan Vigotsky antara lain), maka kita harus menyerah Platonis dan semua pandangan yang realistis berikutnya epistemologi. Kita harus mengakui bahwa tidak ada hal seperti pengetahuan "luar sana" independen berpengetahuan, tetapi hanya pengetahuan kita membangun untuk diri kita sendiri seperti yang kita belajar. 4 Belajar tidak memahami "benar" sifat sesuatu, juga tidak (seperti Plato menyarankan) mengingat ide-ide yang sempurna dirasakan samar-samar, melainkan sebuah konstruksi pribadi dan sosial dari makna dari array membingungkan sensasi yang tidak memiliki rangka atau struktur selain penjelasan (dan saya stres jamak) yang kita mengarang untuk mereka.
Saya yakin bahwa banyak dari Anda memiliki filosofi kursus yang telah terkena Anda untuk konsep-konsep, dan Anda mungkin menerima premis dasar bahwa tidak ada entitas seperti Ding suatu sich apakah kita bisa atau tidak memahaminya. Namun, kita semua cenderung untuk tetap realis lemari, dan membantah Uskup Berkeley, seperti Samuel Johnson lakukan, dengan menendang batu dan perasaan sakit yang nyata. Pertanyaan yang lebih penting adalah, apakah itu benar-benar membuat perbedaan dalam pekerjaan sehari-hari kita apakah dalam hati kita mempertimbangkan pengetahuan untuk menjadi tentang beberapa dunia "nyata" independen dari kita, atau apakah kita mempertimbangkan pengetahuan untuk membuat kita sendiri? Jawabannya adalah ya, itu tidak membuat perbedaan, karena titik pertama saya menyarankan di atas: dalam profesi kita pandangan epistemologis kita mendikte pandangan pedagogik kami.
Jika kita percaya bahwa pengetahuan terdiri dari belajar tentang dunia nyata di luar sana, maka kami berusaha pertama dan terpenting untuk memahami dunia itu, mengaturnya dengan cara yang paling rasional yang mungkin, dan, sebagai guru, menyampaikannya kepada peserta didik. Pandangan ini mungkin masih melibatkan kita dalam menyediakan pelajar dengan kegiatan, dengan tangan-on belajar, dengan kesempatan untuk bereksperimen dan memanipulasi obyek-obyek dunia, namun niat selalu untuk membuat jelas bagi pelajar struktur dunia independen dari pembelajar. Kami membantu pelajar memahami dunia. tapi kita tidak memintanya untuk membangun dunianya sendiri.
Kemenangan besar dalam sejarah intelektual Barat dari Pencerahan sampai awal abad 2Oth beristirahat pada kemampuannya untuk mengatur pengetahuan dunia secara rasional independen dari pelajar, ditentukan oleh beberapa struktur subjek. Disiplin dikembangkan, skema taksonomi didirikan, dan semua kategori dipandang sebagai komponen dari mesin mekanik yang luas di mana bagian dapat dijelaskan dalam hal hubungan mereka satu sama lain, dan setiap bagian memberikan kontribusi untuk membuat fungsi seluruh lancar. Tidak ditemukan dalam deskripsi ini tidak pelajar muncul. Tugas guru adalah untuk membuat jelas bagi pelajar kerja mesin dan akomodasi apapun untuk pelajar hanya untuk account untuk berbagai entry point yang sesuai untuk peserta didik yang berbeda.
Namun, seperti saya indikasikan di atas, teori konstruktivis mengharuskan kita mengalihkan perhatian kita dengan 180 derajat kita harus mengaktifkan kembali kami pada setiap gagasan tentang mesin yang mencakup segala yang menggambarkan sifat dan bukannya melihat ke arah semua indah, individu makhluk hidup --- pembelajar --- masing-masing model yang menciptakan nya sendiri menjelaskan alam. Jika kita menerima posisi konstruktivis kita pasti diharuskan untuk mengikuti pedagogi yang berpendapat bahwa kita harus menyediakan pelajar dengan kesempatan untuk:. A) berinteraksi dengan data sensorik, dan b) membangun dunia mereka sendiri 5
Poin kedua ini sedikit lebih sulit bagi kita untuk menelan, dan kebanyakan dari kita terus-menerus terombang-ambing antara iman bahwa peserta didik kita memang akan membangun makna yang akan kita dapat diterima (apa pun yang kita maksud dengan itu) dan kebutuhan kita untuk membangun makna bagi mereka, yaitu , untuk struktur situasi yang tidak bebas bagi pelajar untuk melaksanakan tindakan mental mereka sendiri, tetapi "belajar" situasi yang menyalurkan mereka ke dalam ide-ide kita tentang makna dari pengalaman. Sebuah contoh umum dari ketegangan yang tak terselesaikan adalah sikap kita terhadap tur museum yang menjelaskan kepada pengunjung pameran. Saya telah berulang kali meminta profesional Museum apakah mereka pribadi menikmati tur, dan mereka hampir secara universal mengatakan kepada saya bahwa mereka mencoba untuk menghindari mereka di semua biaya. Namun, pada pertemuan CECA (dan yang satu ini tidak terkecuali) rekan-rekan kami sering memberikan kita tur melalui galeri yang luas, bersikeras pada penyajian interpretasi panduan ahli, kecepatan dan seleksi untuk mempengaruhi persepsi pemirsa dan belajar. Ini adalah ketegangan antara keinginan kita sebagai guru untuk mengajarkan kebenaran, untuk menyajikan dunia "sebagaimana adanya", dan keinginan kita untuk membiarkan peserta didik membangun dunia mereka sendiri yang mengharuskan kita untuk berpikir serius tentang epistemologi dan pedagogi. 6
Prinsip-prinsip belajar
Apa adalah beberapa prinsip pemikiran konstruktivis bahwa kita harus diingat ketika kita mempertimbangkan peran kita sebagai pendidik? Saya akan menguraikan beberapa ide, semua didasarkan pada keyakinan bahwa belajar terdiri dari makna individu dibangun dan kemudian menunjukkan bagaimana mereka mempengaruhi pendidikan museum.
1. Belajar adalah proses aktif di mana peserta didik menggunakan input sensorik dan konstruksi makna dari hal itu. Formulasi yang lebih tradisional dari ide ini melibatkan terminologi pembelajar aktif (istilah Dewey) menekankan bahwa pelajar perlu melakukan sesuatu, belajar itu bukan penerimaan pasif pengetahuan yang ada "di luar sana" tapi belajar yang melibatkan peserta didik s terlibat dengan dunia. 7
2. Orang belajar untuk belajar mereka belajar: belajar terdiri kedua membangun sistem makna dan membangun makna. Sebagai contoh, jika kita mempelajari kronologi tanggal serangkaian peristiwa sejarah, kita secara simultan mempelajari arti dari kronologi. Setiap artinya kita membangun membuat kita lebih mampu untuk memberi makna pada sensasi lain yang bisa cocok dengan pola yang sama. 8
3. Tindakan penting makna membangun adalah mental: itu terjadi di pikiran. Fisik tindakan, pengalaman mungkin diperlukan untuk belajar, terutama untuk anak-anak, tetapi tidak cukup, kita perlu memberikan kegiatan yang melibatkan pikiran serta tangan 0,9 (Dewey disebut kegiatan reflektif.)
4. Belajar melibatkan bahasa: bahasa yang kita gunakan mempengaruhi belajar. Pada tingkat empiris. peneliti telah mencatat bahwa orang-orang berbicara sendiri saat mereka belajar. Pada tingkat yang lebih umum. ada koleksi argumen, yang paling tegas disajikan oleh Vigotsky, bahwa bahasa dan belajar saling terkait 10 poin ini. jelas ditekankan dalam referensi Elaine Gurain untuk kebutuhan untuk menghormati bahasa asli dalam mengembangkan Utara Amerika pameran. Keinginan untuk memiliki materi dan program dalam bahasa mereka sendiri adalah sebuah permintaan penting oleh banyak anggota dari berbagai komunitas asli Amerika.
5. Belajar adalah kegiatan sosial: belajar kami sangat erat berhubungan dengan hubungan kita dengan manusia lain, guru-guru kita, rekan kita, keluarga kita serta kenalan, termasuk orang-orang sebelum kita atau di samping kami di pameran. Kita lebih mungkin berhasil dalam usaha kami untuk mendidik jika kita mengakui prinsip ini daripada mencoba untuk menghindarinya. Banyak dari pendidikan tradisional, seperti Dewey menunjukkan, diarahkan mengisolasi peserta didik dari semua interaksi sosial, dan ke arah melihat pendidikan sebagai satu-satu hubungan antara pelajar dan materi tujuan yang harus dipelajari. Sebaliknya, pendidikan progresif (untuk terus menggunakan formulasi Dewey) mengakui aspek sosial pembelajaran dan menggunakan percakapan, interaksi dengan orang lain, dan penerapan pengetahuan sebagai aspek integral dari pembelajaran. 11
6. Belajar adalah kontekstual: kita tidak belajar fakta terisolasi dan teori dalam beberapa lahan halus abstrak dari pikiran terpisah dari sisa hidup kita: kita belajar dalam hubungan dengan apa lagi kita tahu, apa yang kita yakini, prasangka kita dan ketakutan kita 12 Aktif. refleksi, menjadi jelas bahwa titik ini sebenarnya merupakan akibat wajar dari gagasan bahwa belajar adalah aktif dan sosial. Kita tidak bisa memisahkan kita belajar dari kehidupan kita. 13
7. Salah satu kebutuhan pengetahuan untuk belajar: tidak mungkin untuk mengasimilasi pengetahuan baru tanpa harus beberapa struktur dikembangkan dari pengetahuan sebelumnya untuk membangun 14 Semakin banyak kita tahu, semakin banyak kita bisa belajar.. Oleh karena itu setiap upaya untuk mengajar harus terhubung ke keadaan pelajar, harus memberikan jalan ke subjek bagi peserta tersebut didasarkan pada pengetahuan sebelumnya yang pembelajar. 15
8. Dibutuhkan waktu untuk belajar: belajar tidak instan. Untuk belajar penting yang kita perlu meninjau kembali ide-ide, renungkan mereka mencoba mereka keluar, bermain dengan mereka dan menggunakannya. Hal ini tidak dapat terjadi dalam 5-10 menit biasanya dihabiskan di sebuah galeri (dan tentu tidak dalam beberapa detik biasanya menghabiskan merenungkan objek museum tunggal.) Jika Anda merenungkan apa yang telah Anda pelajari, Anda segera menyadari bahwa itu adalah produk dari berulang paparan dan berpikir. Bahkan, atau terutama, saat-saat wawasan yang mendalam, dapat ditelusuri kembali ke periode lagi persiapan.
9. Motivasi adalah komponen kunci dalam belajar. Tidak hanya itu kasus bahwa motivasi belajar membantu, adalah penting untuk belajar. Ide ini motivasi seperti dijelaskan di sini secara luas disusun untuk mencakup pemahaman tentang cara-cara di mana pengetahuan dapat digunakan. Kecuali kita tahu "alasan mengapa", kita tidak mungkin sangat terlibat dalam menggunakan pengetahuan yang mungkin ditanamkan dalam diri kita. bahkan oleh pengajaran yang paling parah dan langsung. 16
Arti dari konstruktivisme untuk museum
Setelah menyarankan prinsip-prinsip ini, saya ingin merefleksikan apa yang mereka dapat berarti untuk spesifik pekerjaan kita sehari-hari baik dalam pameran mount dan dalam program pendidikan berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar